Beranda » Artikel Marhalah » Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah

Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah

T Diposting oleh pada 24 August 2016
F Kategori , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 1180 kali

Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah

Sebelum membahas tentang Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah, kita coba definisikan satu persatu. Efektifitas berasal dari bahasa Inggris yaitu effektie yang berarti Mujarab, berhasil, berlaku atau juga mengesankan”, dalam Kamus Bahasa Indonesia kata efektif berarti “mampu membawa hasil atau berhasil guna”.

Menurut bahasa, “kata efektivitas berarti bisa membawa hasil. Sehingga sesuatu dapat dikatakan efektif, jika berhasil dan bisa mencapai tujuan sebagaimana telah dirumuskan atau direncanakan sebelum melakukan hal tersebut”. Efektifitas dalam suatu kegiatan berkenaan dengan sejauh mana apa yang telah diprogramkan itu bisa terlaksana atau tercapai dengan baik. Efektifitas juga menunjukkan keberhasilan dari segi tercapai atau tidaknya sasaran yang telah ditetapkan. Apabila hasil kegiatan semakin mendekati sasaran, maka berarti semakin tinggi efektifitasnya.

Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran

Menurut E. Mulyasa, efektifitas bisa dijadikan barometer untuk mengukur keberhasilan pendidikan.
Sedangkan indikator-indikator Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah adalah:
1. Peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan mudah, cepat serta baik dan benar.
2. Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dalam waktu 3 pertemuan maksimal 10 kali pertemuan, dengan durasi 1-2 jam setiap pertemuannya.
3. Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan mandiri dalam waktu yang singkat.

Dari penjelasan di atas mengenai indikator keefektifan pembelajaran, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila terpenuhinya indikator-indikator yang telah disebutkan di atas, sedangkan mengenai keefektifan pembelajaran membaca Al-Qur’an menurut penulis sama saja seperti indikator-indikator yang telah disebutkan di atas. Namun, di dalam penulisan ini keefektifan pembelajaran Al-Qur’an yang dimaksud adalah tercapainya tujuan dan target yang ingin di capai dari pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Marhalah yakni tumbuhnya kemampuan para peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dalam waktu yang singkat dengan hasil belajar yang baik dan memuaskan.

Belajar ngaji Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran

Tiga bulan terakhir Metode Marhalah ini telah membuktikan tingkat efektifitasnya, yaitu ketika diajarkan kepada anak-anak TK, SD, SMP, SMU, Mahasiswa, para orangtua yang lanjut usia dan tidak terkecuali para mualaf, untuk bisa membaca Al-Quran dari NOL hanya menghabiskan waktu 3 hari saja, paling lama 10 hari karena masing-masing berbeda daya tangkapnya.

Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran anak SMP

Belajar Membaca Al-Quran menjadi sangat mudah dengan Metode Marhalah. Silakan kunjungi halaman yang menjelaskan tentang Deskripsi lengkap produk dari metode Marhalah dengan meng klik Halaman Media Pembelajaran Metode Marhalah

Salam Silaturahim dari kami.,

Manajeman Marhalah Pusat (0821-1997-8821)

Facebook Comments

Belum ada Komentar untuk Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Efektifitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Marhalah

Revolusi Belajar Quran 2

Revolusi Belajar Quran

T 20 August 2016 F A Marhalah

Revolusi Belajar Quran Semakin hari kondisi Obyektif Umat Islam terhadap hubungannya dengan Al-Quran semakin memprihatinkan, hal ini perlu segera diatasi, karena pada akhirnya Umat Islam akan mengalami kemunduran diberbagai bidang. Dan tugas ini menjadi tanggung jawab kita semua  karena Agama... Selengkapnya

Klasifikasi Kemampuan Peserta Didik Belajar dengan Metode Marhalah

T 22 August 2016 F , A Marhalah

Klasifikasi Kemampuan Peserta Didik Belajar Dengan Metode Marhalah Dalam belajar membaca Al-Quran dengan metode marhalah, kompetensi atau kemampuan peserta didik terbagi dalam tiga kategori, diantaranya yaitu: Peserta didik dengan Daya Tangkap Cepat Kelompok ini mempunyai ciri-ciri yakni konsentrasi sangat baik,... Selengkapnya

Tentang Metode Marhalah 3

Catatan Penulis Tentang Metode Marhalah

T 17 August 2016 F A Marhalah

Tentang Metode Marhalah Masyarakat Muslim di Indonesia adalah negeri dengan ummat Islam terbesar di dunia, ini adalah bukti bahwa Islam sebagai agama yang mendapatkan hati di negeri ini, negeri yang kaya raya akan berbagai sumber daya alam dan juga manusianya.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Untuk memudahkan pelayanan dalam Pembelajaran Membaca Al-QUran, silakan hubungi Operator kami di 0821-1997-8821