Beranda » Artikel Islami » Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Oleh Penulis

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Oleh Penulis

T Diposting oleh pada 24 August 2016
F Kategori , , ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2004 kali

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah

Menurut Munawar Rifadi sebagai penulis dan penyusun metode Marhalah, prinsip-prinsip metode Marhalah terdapat 9 macam yaitu:

  1. Dibaca langsung huruf aslinya dengan cara di eja berdasarkan urutan Baghdadiyah

Peserta didik di ajarkan huruf asli mulai dari Alif sampai Ya dengan perlahan secara berurut dan di acak.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah melafalkan huruf Asli

2. Peserta diajak untuk aktif

Maksudnya pengajar menerangkan pokok-pokok bahasan setiap hurufnya, setelah itu peserta aktif membaca sendiri, pengajar hanya sebagai penyimak dan motivator, jangan sampai menuntun kecuali hanya memberikan contoh saja. Atau dapat dikatakan bahwa cara ini adalah belajar yang menekankan pada keaktifan para peserta, sedangkan guru hanya membimbing dan mengarahkan.

Peserta Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah

3. Privat

              Konsep ini sangat penting, dimana guru berhadapan secara langsung dengan peserta didik, mengajarkan setiap hurufnya dan langsung dipraktekan oleh peserta didik. Dan konsep Privat ini satu orang guru untuk satu peserta didik.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Privat

4. Buku Panduan

Maksudnya buku Marhalah disusun secara bertahap dari tingkat yang paling termudah, sehingga akan terasa mudah serta ringan dalam mempelajarinya.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Buku Panduan

5. Praktis

              Metode Marhalah ini mengusung tema cepat, mudah dan menyenangkan, sehingga dalam penjelasannya sangat simple namun berbobot dan memiliki makna, dengan konsep kata kunci perhuruf dan ada cerita yang memudahkan peserta untuk belajar.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah huruf kata kunci

6. Variatif

              Metode Marhalah ini berbeda dengan metode lainnya, begitu sederhana, namun syarat makna dan juga warna yang full color dan juga hampir pada setiap halamannya ada lagu – lagu yang mengiringi sehingga membuat para peserta didik tidak jenuh, bahkan untuk anak usia TK atau SD ketagihan.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah lagu

7. Komunikatif

Maksudnya yaitu guru tidak diam saja apabila siswa membaca huruf atau kata dengan benar, akan tetapi guru memberikan sanjungan atau penghargaan umpamanya dengan kata-kata: bagus, betul, pintar dan sebagainya. Guru juga akan menegur siswa yang keliru bacannya.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah

8. Fleksibel

Metode Marhalah dapat dipergunakan untuk berbagai tingkat usia, dari mulai balita, TK, SD, SMP, SLTA dan dewasa. Berdasarkan sifat dan karakteristik dari metode Marhalah tersebut, tingkat keberhasilan dan kemudahan dalam proses belajar mengajar membaca Al-Qur’an dapat tercapai dengan cepat dan baik. Disamping itu, siapapun yang sudah bisa membaca Al-Qur’an pasti bisa mengajarkannya.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah guru

9. Sistimatis

Maksudnya adalah Metode Marhalah adalah metode membaca Al-Quran dengan sistem 3 tahap, di susun secara sistematis, rapi dan apik dari yang paling termudah kepada yang tersulit.

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah konten

Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah yang dapat digunakan dalam mengajar membaca Al-Qur’an, karena prinsip-prinsip tersebut dapat menjadi salah satu tolok ukur untuk melihat efektfinya pembelajaran membaca Al-Qur’an selain faktor- faktor yang lainnya.

Demikin penjelan tentang Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah, mudah – mudahan bermanfaat khususnya untuk para pengajar Al-Quran di Lembaga – lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal.

Munawar Rifadi (Founder Metode Marhalah)

Untuk mengetahui deskripsi lengkap tentang Buku Panduan dan DVD Metode Marhalah, Silakan Kunjungi Media Pembelajaran Metode Marhalah

Manajeman Marhalah Pusat (0821-1997-8821)

Facebook Comments

Belum ada Komentar untuk Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Oleh Penulis

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Prinsip-Prinsip Pengajaran Metode Marhalah Oleh Penulis

PELATIHAN SEHARI MEMBACA AL-QURAN

T 23 January 2017 F , , A Marhalah

HADIRILAH…!!! PELATIHAN SEHARI MEMBACA AL-QURAN *”METODE MARHALAH”* ? *Penggagas: Ust Munawar Rifadi, S.Pd. I* *Revolusi Belajar Quran* *?�PERTAMA DI INDONESIA?*�� ????????? *Sebelumnya Mohon di jawab pertanyaan-pertanyaan ini.,* Apakah Anda termasuk Muslim yg tdk bisa membaca Al-Quran sama sekali.,? Apakah Anda... Selengkapnya

Cara Cepat Belajar Membaca Alquran di Yayasan Al-Amanah

Cara Cepat Belajar Membaca Alquran Di Yayasan Pendidikan Al-Amanah Ponyo Alhamdulillah Cara Cepat Belajar Membaca Alquran dengan Metode Marhalah telah dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Al-Amanah Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Jawa Barat. Ini merupakan bentuk kerjasama antara kami Manajeman Marhalah dengan... Selengkapnya

Pelatihan Cara Cepat dan Mudah Belajar Membaca Al-Quran

Cara Cepat dan Mudah Belajar Membaca Al-Quran melalui Pelatihan Metode Marhalah Di Masjid Al-Kautsar Radio Dalam Jakarta Selatan Pelatihan Metode Marhalah merupakan standar pembelajaran belajar membaca Al-Quran yang di laksanakan oleh manajeman Marhalah, sebagai salah satu bentuk syiar kepada masyarakat... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Untuk memudahkan pelayanan dalam Pembelajaran Membaca Al-QUran, silakan hubungi Operator kami di 0821-1997-8821